SAMSAT/ KPPD DIY

SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP

Penilaian Pengunjung: / 4
KurangTerbaik 


Sesuai Intruksi Kepala KPPD DIY di Kabupaten Bantul No. 800/06453, KPPD DIY di Kabupaten Bantul rutin melaksanakan senam pagi seminggu sekali di Area Parkir Cek Fisik Gedung BPKB Samsat Bantul. Senam ini dimulai pukul 6.30 WIB dan selesai tidak lebih dari jam 7.45 WIB, sehingga tidak mengganggu proses pelayanan pajak kepada masyarakat. Senam ini dilaksanakan oleh tidak hanya pegawai KPPD DIY di Kabupaten Bantul, melainkan juga pegawai Jasa Raharja dan Kepolisian.

Selain menjaga kesehatan, dalam senam ini ditujukan untuk menjalin kerja sama, kekompakan, serta kedekatan personal pegawai. Dengan kata lain, manfaat dari senam ini akan dirasakan oleh pegawai sendiri, antar pegawai, maupun masyarakat. Hal ini dikarenakan dengan meningkatnya kesehatan dan kerja sama antar pegawai, pelayanan kepada masyarakat menjadi optimal dan memuaskan. Yang mana merupakan perwujudan salah satu nilai Budaya Satria, yaitu Akal Budi Luhur Jatidiri.

Dikutip dari diskominfo.jogjaprov.go.id, Akal budi luhur-jatidiri artinya keluhuran jatidiri seseorang merupakan pengejawantahan perikemanusiaannya. Kata kuncinya adalah budi luhur. Indikator perilaku: sadar akan rasa benar dan salah, menjunjung tinggi integritas (jujur dan dapat dipercaya), taat terhadap norma agama  dan hukum, menjunjung tinggi etika, berkomunikasi dengan santun dan bersedia menerima masukan, adaptif  terhadap perubahan.

Senam ini merupakan komitmen bersama dari ketiga instansi yang ada di Samsat Bantul untuk meningkatkan kualitas seluruh pegawai.