SAMSAT/ KPPD DIY

SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP

Home
Penilaian Pengunjung: / 4
KurangTerbaik 

alt

Pada awal bulan September 2020 tepatnya pada hari sabtu tanggal 05 September 2020 Samsat Sleman melaunching 2 inovasi sekaligus dalam bidang pelayanan pada masyarakat.  Kedua inovasi  tersebut adalah layanan Pojok Simpatik dan Samsat On Call. Kegiatan berlangsung di halaman depan Samsat Sleman tepat di samping lokasi Pojok Simpatik. Hadir dalam acara tersebut Kepala KPPD DIY di Kabupaten Sleman Ibu  YB Indraswari Wijaya dan Kanit Regident Polres Sleman Bpk. Kristiyono serta Perwakilan dari BPKA DIY, Bank BPD DIY dan PT jasa Raharja.


alt

Acara berlangsung cukup meriah dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengam Menyanyikan Mars Samsat Sleman.  Acara Launching ditandai dengan pemotongan pita pada pojok Simpatik oleh Ibu YB. Indrawari Wijaya, sedangkan Samsat On Call diresmikan oleh Bpk. Kristiyono dengan menyiran Unit  Samsat On Call dengan Air Kendi.

Pojok Simpatik adalah sebuah layanan terbaru dari samsat Sleman untuk wajib pajak Kabupaten Sleman khususnya dan kepada seluruh masyarakat pada umumnya. Layanan Pojok Simpatik Terdiri layanan pusat Informasi segala urusan kesamsatan, layanan pengaduan terkait pelayanan kesamsatan maupun pengaduan terhadap kejadian tindakan pungli maupun indikasi gratifikasi dan korupsi. Pojok Simpatik Mengusung Tagline” Semua pasti ada Solusinya”.

Pojok Simpatik bertujuan sebagai berikut:

  • Memberikan informasi kesamsatan kepada masyarakat yang membutuhkan, sehingga masyarakat akan mendapatkan informasi kesamsatan yang jelas dari sumbernya dan tanpa dipungut biaya apapun.
  • Sebagai tempat untuk menyampaikan pengaduan terhadap semua jenis layanan yang diberikan oleh samsat Sleman, sehingga tindak lanjut pengaduan akan lebih cepat dan terukur.
  • Sebagai tempat menyampaikan pengaduan jika menemukan tindakan pungutan liar,indikasi korupsi, maupun gratifikasi  di lingkungan samsat  yang dilakukan oleh petugas samsat.


Masyarakat akan dilayani dengan sebaik-baiknya oleh petugas Pojok Simpatik sampai mendapatkan keterangan yang jelas maupun segala keluhan dan laporan bisa tersampaikan untuk segera ditindaklanjuti. Pelayanan Pojok Simpatik juga dilakukan melalui Hotline bebas pulsa 0800 1503999.

alt

Sedangkan Samsat On Call adalah Layanan Terbaru dari samsat Sleman dalam pembayaran Pajak tahunan. Layanan ini menyajikan pembayaran pajak tahunan tanpa harus datang ke Samsat, tetapi Unit samsat yang akan mendatangi  lokasi wajib pajak. Samsat on Call hanya bisa diakses secara kolektif, misalnya oleh komunitas otomotif, pabrik, kantor, kelurahan maupun komunitas lainnya.

Samsat On Call mengusung Tagline “Pajak tahunan dengan Perjanjian”. Koordinator komunitas menghubungi petugas Samsat On Call untuk membuat perjanjian pembayaran pajak tahunan di lokasi komunitas. Samsat On Call bisa dihubungi melalui tetelpon/WA 081717251041.

Syarat dan ketentuan Samsat On Call:

  • Hanya melayani pajak tahunan Plat AB Sleman
  • Jumlah minimal kendaraan yang dilayani adalan 10 unit.
  • Koordinator Komunitas wajib mengisi form permohonan Samsat On Call dan melengkapi dengan foto STNK dan KTP.
  • Penentuan hari pelaksanaan mutlak wewenang petugas Samsat On Call.
alt
alt